Backup Chat WA di Android Bakal Makan Tempat Mulai 2024

WhatsApp disebut segera memiliki fitur kirim foto dengan resolusi tinggi. Fitur itu sebelumnya sudah dimiliki Telegram.

Jakarta, CNN Indonesia

Pengguna Android akan segera kehilangan salah satu ‘privilege’ WhatsApp karena backup atau pencadangan data akan memakan tempat di Google Drive mulai 2024.

Sebelumnya, backup WhatsApp menggunakan Google Drive tidak memakan kapasitas penyimpanan cloud tersebut.

Google dan WhatsApp sama-sama mengumumkan bahwa mulai Desember untuk pengguna WhatsApp beta, riwayat obrolan serta gambar dan video akan kembali mengambil kapasitas penyimpanan Google Drive.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baik itu jika Anda memiliki paket 15 GB gratis dari perusahaan, maupun jika Anda menggunakan versi berbayar. WhatsApp untuk iOS sudah menerapkan skema ini sejak lama.

WhatsApp mengatakan perubahan ini akan hadir untuk pengguna Android secara luas pada paruh pertama 2024.

“Dalam beberapa bulan ke depan, jika Anda memilih untuk mencadangkan obrolan WhatsApp di perangkat Android, pencadangan Anda akan mulai diperhitungkan dalam batas penyimpanan Akun Google Anda,” tulis WhatsApp di lamannya.

“Perubahan ini akan diluncurkan untuk pengguna Beta mulai Desember 2023, dan secara perlahan akan diluncurkan ke semua pengguna WhatsApp Android pada paruh pertama tahun 2024,” lanjut perusahaan.

WhatsApp menyebut pihaknya akan memberi tahu pengguna 30 hari sebelum penerapan perubahan tersebut. Pemberitahuan tersebut akan berbentuk banner di bagian Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan.

Dengan demikian, jika pengguna tidak ingin menggunakan Google Drive sebagai media backup data, maka mereka bisa memilih opsi lain. WhatsApp menawarkan opsi WhatsApp Chat Transfer.

Dikutip dari The Verge, WhatsApp Chat Transfer dapat digunakan pengguna Android ketika migrasi chat WhatsApp ke ponsel baru. Fitur ini bekerja secara nirkabel dan memerlukan kedua ponsel menyalakan WiFi.

Sebagai catatan, kedua ponsel tak perlu mempunyai koneksi internet karena fitur ini merupakan transfer langsung antar perangkat.

Lebih lanjut, Google mengisyaratkan tak ada yang berubah tentang pencadangan WhatsApp selain dari potensi batas penyimpanan yang memengaruhi apakah pengguna dapat terus menyimpan datanya di Cloud.

Jika pengguna menghapus sesuatu di WhatsApp, maka hal tersebut juga akan dihapus di cloud.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com