Arkeolog Temukan Teater Mewah Tempat Baca Puisi Kaisar Romawi Nero

Reruntuhan teater pribadi milik Kaisar Romawi abad ke-1 Nero yang hilang selama berabad-abad ditemukan di ibu kota Italia hanya beberapa meter dari Vatikan.

Jakarta, CNN Indonesia

Reruntuhan teater pribadi milik Kaisar Romawi abad ke-1 Nero yang hilang selama berabad-abad ditemukan di ibu kota Italia hanya beberapa meter dari Vatikan.

Para peneliti menyebut ini sebagai temuan yang luar biasa.

Penemuan tersebut diungkapkan oleh pengawas khusus Roma Daniela Porro pada Kamis (27/7) waktu setempat.

Porro mengatakan situs tersebut merupakan tempat Nero biasa berlatih puisi dan musik.

Nero merupakan kaisar Romawi kelima, yang memerintah antara tahun 54 dan 68 Masehi. Mulanya ia menjadi pemimpin yang tidak populer, namun kemudian menjadi lebih dikenal karena ulahnya yang kerap melalukan pesta pora hingga pemborosan.

Situs Nero yang ditemukan mencakup beberapa hal seperti tiang-tiang marmer elegan, dekorasi daun emas, dan ruang penyimpanan dengan sisa-sisa kostum dan latar belakang yang digunakan dalam produksi teater milik Nero.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Porro beberapa artefak yang ditemukan menjadi saksi bisu atas penggunaan situs tersebut sebagai area teater, termasuk sisa-sisa kostum, serta tembikar, peralatan memasak, sisir yang terbuat dari tulang, hingga alat pembuat tasbih.

Sebelumnya hanya ada tujuh cawan kaca yang pernah ditemukan pada era tersebut yaitu antara masa pemerintahan Nero dan abad ke-15.

Penggalian ini kemudian menghasilkan tujuh cawan lainnya, beserta piala kaca berwarna dan sisa-sisa tembikar.

“Ini adalah penggalian yang luar biasa, yang diimpikan oleh setiap arkeolog,” ucap Marzia Di Mento, seorang arkeolog yang bertanggung jawab atas penggalian yang dimulai pada sejak 2020 kepada CNN, dikutip Minggu (30/7).

“Mampu menggali di area yang (telah) dibangun dan kaya sejarah ini sangat langka,” katanya lagi.

Di Mento juga mengatakan ke depan akan butuh waktu bertahun-tahun bagi para ahli dalam mempelajari dan menentukan usia dari ‘harta karun’ tersebut.

Penggalian yang berujung ditemukannya situs tersebut menjadi bagian dari proyek renovasi Palazzo della Rovere di Via Della Conciliazione. Proyek ini akan mengubah bagian dari bangunan era Renaisans menjadi hotel Four Seasons, yang akan dibuka pada 2025, bertepatan dengan perayaan tahun Yubileum Roma.

(ryh/bac)





Sumber: www.cnnindonesia.com