Apple Luncurkan iOS 17.2, Bawa Aplikasi Journal Hingga Video Spasial

Apple meluncurkan sistem operasi teranyarnya iOS 17.2 yang menghadirkan sejumlah pembaruan mulai dari Apple Journal hingga video spasial.


Jakarta, CNN Indonesia

Apple meluncurkan sistem operasi teranyarnya iOS 17.2 untuk iPhone yang menghadirkan sejumlah pembaruan mulai dari Apple Journal hingga video spasial.

Pembaruan iOS 17.2 kini tersedia untuk para pengguna iPhone. Pembaruan ini mencakup aplikasi Journal yang dirancang untuk membantu pengguna menulis tentang peristiwa yang dialami penggunanya dengan petunjuk yang diambil dari data di ponsel. Selain itu, sistem operasi terbaru ini juga menyertakan opsi untuk merekam video spasial.

“Pembaruan ini memperkenalkan Journal, cara baru untuk merefleksikan momen-momen dalam hidup dan menyimpan kenangan Anda. Rilis ini juga menyertakan Action button dan peningkatan Kamera, serta fitur lainnya, perbaikan bug, dan pembaruan keamanan untuk iPhone Anda,” tulis Apple di laman dukungannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diumumkan di WWDC pada Juni, aplikasi Journal adalah fitur yang berfokus pada kesehatan dan kebugaran yang bertujuan membantu penggunanya merefleksikan momen-momen dalam hidupnya.

Melansir The Verge, antarmuka aplikasi ini agak sederhana saat dicoba dalam versi beta, tetapi aplikasi ini mampu untuk mengenali “Momen” berdasarkan data ponsel Anda, termasuk lokasi yang pernah Anda kunjungi, foto yang pernah Anda ambil, atau olahraga yang pernah Anda lakukan. Kemudian, aplikasi ini dapat memberikan saran penulisan berdasarkan Momen tersebut.

Sistem operasi terbaru ini juga menghadirkan dukungan untuk merekam video spasial, fitur yang diumumkan bersamaan dengan peluncuran iPhone 15 pada September.

Fitur ini bekerja dengan merekam video secara bersamaan dari kamera utama dan kamera ultrawide ponsel untuk membuat video 3D. Pengguna mungkin akan kesulitan menemukan banyak hal yang dapat dilakukan dengan rekaman tersebut untuk saat ini, tetapi model video ini dirancang untuk diputar pada headset Vision Pro yang akan dirilis tahun depan.

Fitur lain yang tersedia dalam iOS 17.2 adalah kemampuan mengatur Action button pada iPhone 15 Pro untuk menerjemahkan frasa, widget Cuaca, dan fitur baru untuk aplikasi Pesan. Selain itu, tombol ini juga dapat digunakan sebagai tombol yang berguna untuk melompat ke pesan pertama yang belum dibaca dalam percakapan.

Pembaruan ini juga menambahkan dukungan Qi2 ke iPhone 13 dan 14 dan pengisian daya nirkabel 15W yang lebih cepat tanpa memerlukan pengisi daya bermerek MagSafe.

iOS 17.2 tersedia untuk semua model iPhone yang mendapat dengan iOS 17, termasuk iPhone teranyar, iPhone XS, XS Max, dan XR keluaran tahun 2018 serta iPhone SE generasi kedua dan ketiga.

Untuk mengunduh iOS 17.2, pengguna hanya perlu buka Pengaturan > General > Pembaruan Perangkat Lunak > ikuti petunjuk untuk menginstalnya.

Lebih lanjut, Apple juga memperbarui bagian lain dari ekosistemnya bersamaan dengan peluncuran iOS 17.2., seperti peluncuran watchOS 10.2 yang memungkinkan pemilik Seri 9 atau Ultra 2 untuk mencatat data aplikasi Kesehatan menggunakan Siri di jam tangan, sesuatu yang menurut Apple hanya mungkin dilakukan karena kemampuan Siri di perangkat chip S9.

Pembaruan ini juga menghadirkan kembali kemampuan untuk mengusap layar Apple Watch untuk mengubah tampilan jam, yang dihilangkan oleh Apple pada debut watchOS 10.

Selain itu, pembaruan tvOS 17.2 untuk Apple TV menambahkan fitur bilah sisi baru untuk peralihan profil dengan cepat dan aplikasi TV yang mendapat desain baru.

(lom/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com