Apa itu Bom Fosfor yang Diduga Dipakai Israel buat Serang Gaza?

Israel diduga menyiramkan bom fosfor di permukiman padat penduduk di Gaza dengan dalih menyerang balik Hamas. Simak bahaya senjata terlarang ini.

Jakarta, CNN Indonesia

Bom fosfor diduga digunakan Israel dalam serangan udara terhadap basis-basis Hamas maupun permukiman penduduk di Gaza. Apa bahayanya senjata ini?

Tudingan itu muncul secara resmi dari Kementerian Luar Negeri Palestina dan pendiri Observatorium Eropa untuk Hak Asasi Manusia Rami Abdo.

Israel memakai bom fosfor putih yang dilarang secara internasional terhadap warga Palestina di Karama, utara Gaza,” kicau akun resmi Kemenlu Palestina di Twitter alias X, Selasa (10/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pasukan militer Israel menggunakan bom fosfor putih beracun di daerah padat penduduk di barat laut Kota Gaza,” imbuh Abdo, dikutip dari Anadolu.

Salah satu warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Gaza, Onim, juga memberikan kesaksian bahwa pasukan Israel menghujani langit Gaza dengan rudal, roket, serta bom fosfor hingga menutupi pandangan, Senin (9/10).

“Awan itu yang tadinya putih jadi kaya api. Kuning kaya api karena saking banyaknya rudal, roket, bom, terus bom fosfor, udara jadi berubah. Tidak kelihatan sama sekali, bahkan Jet F-16 pun tidak terlihat,” kisahnya, yang merupakan aktivis kemanusiaan dari Nusantara Palestina Center, Selasa (10/10).

Asal mula fosfor putih

Fosfor putih adalah padatan kristal lilin yang berubah menjadi gelap saat terkena cahaya. Dikutip dari WION, zat beracun ini berwarna putih hingga kuning transparan dengan bau yang tajam seperti korek api atau bawang putih.

Tak terbentuk secara alami karena dibuat menggunakan batuan fosfat, zat ini sebenarnya bisa digunakan sebagai komponen pupuk, bahan tambahan makanan, dan senyawa pembersih.

Awalnya, fosfor putih ini digunakan dalam pestisida dan kembang api. Namun, banyak negara melarang penggunaannya di beberapa sektor.

Bahan ini kemudian digunakan oleh militer dalam berbagai jenis amunisi sebagai bahan pembakar karena secara spontan terbakar di udara saat bersentuhan dengan oksigen.

Zat ini menghasilkan awan asap putih yang mengganggu. Fosfor putih juga dapat menyulut api dan menyebar dengan cepat di permukaan tanah. Beberapa laporan menyatakan bahwa sangat sulit untuk memadamkan apinya.

David Johnson, peneliti utama di RAND Corporation dan veteran Angkatan Darat AS selama 24 tahun, saat bicara soal bom fosfor Rusia di Ukraina, dikutip dari Insider, mengungkap AS dan hampir semua negara di dunia punya proyektil fosfor putih di gudang senjata mereka.

“Pada dasarnya [fosfor putih] digunakan untuk menciptakan awan asap karena sangat efektif dalam menciptakan asap dengan cepat,” kata dia.

Efek pada manusia

Amunisi fosfor putih dapat menyebabkan kerusakan parah, terutama luka bakar saat kontak dengan kulit, atau bahkan saat uapnya terhirup.

Laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebutkan bahwa fosfor putih dalam bentuk asap tidak mengontaminasi makanan maupun mencemari produk pertanian.

Namun, partikel fosfor putih sisa yang tidak bereaksi dengan udara dapat mencemari produk ini.

Ketika dilepaskan ke udara dalam bentuk asap, zat ini akan berdampak pada jutaan orang dan hewan.

Cek apakah senjata ini legal atau ilegal di halaman berikutnya..





Sumber: www.cnnindonesia.com