Anies Terpopuler di X Pra-Debat Terakhir Capres

Usai pengaspalan di kampung Erina Gunado, calonnya Kaesang Pangarep, netizen ramai-ramai berharap putra bungsu Presiden Jokowi itu menikahi kembang desa mereka.


Jakarta, CNN Indonesia

Lembaga analis media sosial Drone Emprit mengungkap calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mendapat sentimen positif tertinggi di X (sebelumnya Twitter) menjelang debat terakhir capres, Minggu (4/2).

Menurut data Drone Emprit periode 3 Februari hingga 4 Februari pukul 11.59 WB, sentimen positif terhadap Anies mencapai 90 persen. Ia bahkan mencatat total mention terbanyak, yakni 170 ribu atau setara dengan 47 persen.

“Anies Baswedan memiliki jumlah pembicaraan terbanyak dengan 170,341 total sebutan, mewakili 47% dari semua pembicaraan media,” cuit Ismail di X, Minggu (4/2).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dalam hal sentimen, 90% percakapan Twitter tentangnya bersifat positif, dengan hanya 5% negatif dan 5% netral. Ini menunjukkan opini publik yang sangat mendukung terhadap Anies Baswedan,” lanjut founder Drone Emprit tersebut.

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapatkan total mention terbanyak kedua sebesar 114 ribu atau setara dengan 32 persen. Namun, sentimen terhadap Prabowo berada di posisi terendah dengan 32 persen.

Total mention yang diperoleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo hanya sebesar 76 ribu atau setara dengan 21 persen. Namun, Ganjar berhasil meraih sentimen positif yang tinggi sebesar 80 persen dan menempati peringkat kedua.

Sentimen positif yang diperoleh Anies dalam periode ini berasal dari sejumlah opini publik yang beredar di X.

Misalnya, Anies dinilai lebih berpengalaman dalam isu pendidikan, menganggap serius kritik dari akademisi soal demokrasi, hingga antusiasme publik menonton Anies live TikTok bersama kucing.

Namun, ia juga mendapatkan beberapa opini negatif sepanjang periode itu. Beberapa di antaranya seputar tuduhan penghinaan oleh pendukungnya hingga rasa kecewa publik terhadap Anies yang dicap omong kosong.

Opini terhadap Prabowo Subianto juga relatif beragam. Beberapa opini negatif yang beredar, seperti kerusakan demokrasi hingga catatan kinerjanya di masa lalu.

Meski mendapat banyak sentimen negatif, Prabowo juga tetap mendapat beberapa opini positif. Sebut saja dukungan dari sejumlah tokoh penting hingga deretan pelaksanaan kampanye yang dinilai riang gembira.

Sedangkan, Ganjar Pranowo mendapatkan sejumlah opini positif di X. Beberapa di antaranya berkaitan dengan dukungan dari Ahok, konser salam m3tal di GBK, hingga apresiasi terhadap konten #MalminGan Ganjar di TikTok.

Capres nomor urut 3 itu juga mendapat beberapa opini negatif, terutama berhubungan dengan survei yang dinilai semakin jeblok hingga absennya Ganjar dalam acara DPD RI.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat terakhir Pilpres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, pada Minggu (4/2). Debat kelima ini akan diikuti oleh tiga calon presiden, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Tema besar dalam debat terakhir yakni kesejahteraan sosial, pembangunan SDM, dan inklusi. Subtemanya meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

(frl/dmi)

[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com