Anies Kuda Hitam di TikTok, Analis Wanti-wanti jika Putaran Kedua


Jakarta, CNN Indonesia

Lembaga analis media sosial Drone Emprit mengungkap calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berpotensi menyalip capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam meraup perhatian warga TikTok jika masuk putaran kedua Pilpres 2024.

Jika Pilpres terjadi 2 putaran, dan Anies masuk dalam putaran kedua, tentu ini bisa mengkhawatirkan bagi tim Prabowo, karena artinya ada 4 bulan lagi untuk catch up,” tulis Founder Drone Emprit Ismail Fahmi di akun X atau Twitter-nya, Kamis (9/2).

Apa sebabnya? Menurut data TikTok Interest Over Time 3 Capres dari Drone Emprit, Anies yang paling belakang menggarap TikTok justru meraih atensi yang tak kalah dari dua pendahulunya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lewat tagar #aniesbaswedan2024, tim paslon nomor urut 1 dalam 12 bulan terakhir punya 17.000 postingan dan mendapat jumlah view 248 juta.

Sementara, total unggahan mencapai 18.000 dan total view 279 juta.

Kubu paslon nomor urut 2 dengan tagar #prabowopresiden punya 95 ribu unggahan dalam 12 bulan terakhir dan ditonton 2 miliar kali. Totalnya, 103 unggahan yang ditontoan 2 miliaran kali.

Paslon nomor urut 3 punya tagar #ganjar_pranowo. Unggahannya dalam 12 bulan terakhir mencapai 96 ribu dan ditonton 1 miliar kali. Postingan total mencapai 120 ribu dan dilihat secara keseluruhan 2 miliaran kali.

Anies yang paling telat masuk ke TikTok. Total post setahun terakhir hanya 17K, bandingkan dengan Prabowo 95K dan Ganjar 96K. Demikian juga dengan total Views hanya 248 Juta vs Prabowo 2 Milyar dan Ganjar 1 Milyar,” tutur Ismail.

Dan tampaknya itu pun baru akhir Desember 2023 digenjot jumlah video dan engagementnya, pasca Anies live di TikTok,” lanjut dia.

Drone Emprit juga menyoroti kinerja tim Ganjar yang disalip oleh Prabowo meski jumlah postingan videonya lebih banyak.

Performa Ganjar di TikTok beberapa bulan terakhir tersalip jauh oleh Prabowo. Total View bagi Prabowo jauh lebih besar, 2 Milyar vs 1 Milyar, meski overal View sama, 2 Milyar,” kata Ismail.

Dia menuturkan TikTok penting dalam meraih suara lantaran penggunanya yang amat besar, jauh lebih besar dari Twitter atau X.

Pengguna TIkTok di Indonesia lebih dari 106 juta saat ini, sedangkan Twitter kurang dari 20 juta. Jadi, TikTok adalah battle ground yang paling besar dibandingkan Twitter untuk Pilpres 2024,” ungkap dia.

Menurut data GoodStats Juli 2023, Indonesia berada di peringkat kedua pengguna TikTok terbesar di dunia dengan 112 juta akun. RI cuma tertinggal dari AS dengan 116 juta pemakai.

Sementara, pengguna Twitter di Indonesia, juga menurut data GoodStats, berada di peringkat kelima dunia dengan angka 18,45 juta.

Di atasnya, berturut-turut ada Brasil (19,05 juta pengguna), India (23,6 juta), Jepang (58,59 juta), dan yang terbesar AS (76,9 juta).

Performa Anies di TikTok pun mendapat pujian Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto.

“Kalau kami lihat kampanye dari 28 September sampai sekarang ini, satu yang paling buat kami kaget itu, bagusnya kampanye 01 di media sosial, itu yang paling buat kami kaget. Kami kaget, kami kagum-kagum,” kata Andi dalam podcast Political Show CNN Indonesia, Jumat (9/2).

“Kami tadinya menduga kampanye 01 di medsos akan sangat bagus di X dan Facebook, ternyata mereka sangat jago di TikTok. Kalau kami, kami rajanya kampanye di Instagram, tapi tidak menduga 01 rajanya TikTok. Kami menduga Gibran rajanya TikTok, ternyata 01,” lanjut dia.

Berdasarkan jadwal KPU, putaran pertama Pilpres 2024 bakal mencapai puncaknya di hari pemungutan suara 14 Februari. Jika tak ada paslon yang mendapat 50 persen lebih suara, Pilpres 2024 berlanjut ke putaran kedua dengan hari-H pemungutan suara 26 Juni.

Menurut survei-survei, sejauh ini Prabowo-Gibran menguasai dengan angka mendekati atau lebih sedikit dari 50 persen.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com