Anies-Ganjar Bersaing Ketat Raih Sentimen Positif Usai Debat

Hasil analisis Drone Emprit menunjukkan Anies dan Ganjar bersaing ketat meraih sentimen positif di X usai debat capres.


Jakarta, CNN Indonesia

Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo bersaing ketat meraih sentimen positif di X (sebelumnya Twitter) pasca-debat capres ketiga pada Minggu (7/1).

Sentimen positif terhadap kedua capres ini diungkap oleh data analisis media sosial Drone Emprit pada periode 7 Januari pukul 22.00 WIB hingga 8 Januari pukul 23.59.

Anies mendapat sentimen positif yang cukup tinggi pasca-debat capres dengan persentase 71 persen, bersaing ketat dengan Ganjar yang mendapatkan sentimen positif sebesar 69 persen. Sementara itu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto hanya mendapatkan 31 persen sentimen positif pasca-debat capres ketiga ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sentimen positif terhadap Ganjar terkait dengan sejumlah opini, salah satunya julukan El Chef dan serangan Anies sejak awal debat.

Kemudian, warganet juga mengapresiasi Anies dan Muhaimin Iskandar yang melakukan live di platform TikTok. Anies juga mendapat sorotan karena memberikan nilai 11 dari 100 untuk kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

Selain itu, Anies mendapatkan apresiasi dalam poin south-south leadership. Ia juga mendapatkan simpati lewat viralnya pendukung 02 yang teriakan hujatan pada Anies.

“Publik berikan atensi pada sikap Ganjar bersama Anies yang serang Prabowo jelang akhir debat,” tulis Founder Drone Emprit Ismail Fahmi di akun X, Selasa (9/1), menjelaskan salah satu poin sentimen positif terhadap Anies.

[Gambas:Twitter]

Sementara itu, warganet memberikan narasi “Let Him Cook” pada Ganjar karena dinilai berhasil menguasai debat dan mengcounter Prabowo khususnya soal penyiapan data. Ganjar juga disebut sebagai Man of the Match dalam debat tersebut.

Sentimen positif terhadap capres nomor urut 3 ini juga karena publik menganggap konteks pemahaman dan data Ganjar lengkap berdasarkan pengalaman di eksekutif maupun legislatifnya.

Selain itu, topik Mamat Gunshop yang menjadi bahan candaan untuk Ganjar yang justru menambah ekspos gimik positif untuk Ganjar.

Lebih lanjut, opini positif untuk Ganjar juga terkiat dirinya yang dinilai berani saat memberi nilai 5 pada Prabowo; amplifikasi sorotan sikap Prabowo yang selalu sepakat dengan pernyataan Ganjar; serta Ganjar yang hadir untuk mendinginkan dua capres lain.

Sementara itu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto justru mendapat mendapat sentimen negatif yang tinggi usai debat capres.

Data Drone Emprit menunjukkan Prabowo mendapat sentimen negatif yang cukup besar di X dengan persentase sebesar 64 persen. Di sisi lain, Prabowo cuma mendapat 31 persen sentimen positif, dan 5 persen lainnya netral.

Menurut Ismail ada sejumlah faktor yang membuat sentimen negatif terhadap Prabowo usai debat begitu tinggi. Salah satunya soal dia dan Anies tak berjabat tangan usai debat.

“Publik soroti Prabowo yang mudah terpancing emosi dan kekanak – kanakan karena menghindari berjabat tangan dengan Anies (menyebut dirinya yang lebih tua), serta tidak menjawab pertanyaan wartawan,” kata Ismail.

(lom/dmi)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com