AMIN dan Prabowo-Gibran Kuasai IG Jelang Debat Terakhir

Deret peristiwa dan sosok menjadi viral hingga level nasional di 2022. Simak pilihan redaksi berikut ini, Citayam Fashion Week hingga latto-latto.


Jakarta, CNN Indonesia

Lembaga analis media sosial Drone Emprit mencatat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mendominasi Instagram sebelum debat terakhir capres, Minggu (4/2).

Berdasarkan data periode 21 Januari hingga 3 Februari, Anies-Cak Imin dan Prabowo-Gibran mendominasi Instagram dengan mengacu kepada jumlah unggahan gambar/video serta jumlah interaksi.

Drone Emprit mencatat jumlah post gambar/video di Instagram dalam periode itu dikuasai Prabowo-Gibran, disusul ketat oleh Anies-Cak Imin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Total post dalam periode ini memperlihatkan paslon 02 sedikit di atas paslon 01, dan terakhir adalah paslon 03,” cuit founder Drone Emprit Ismail Fahmi lewat akun X (sebelumnya Twitter), Minggu (4/2).

Prabowo-Gibran mendominasi jumlah post dengan mencapai 3.489 atau setara dengan 37 persen, lalu disusul Anies Baswedan dengan 3.453 atau setara dengan 36 persen.

Sementara itu, Ganjar-Mahfud MD menempati posisi ketiga dengan jumlah unggahan hingga 2.534 atau setara dengan 27 persen.

Hasil berbeda ditunjukkan dalam total interaksi, yakni jumlah like dan comment dari seluruh unggahan yang muncul dalam pencairan Instagram search.

Anies-Cak Imin memimpin dengan 19,9 juta atau setara dengan 45 persen. Paslon nomor urut 1 itu juga disebut hampir selalu unggul dalam jumlah interaksi harian.

Prabowo-Gibran lantas menyusul dengan jumlah total interaksi sebesar 13,5 juta atau setara 30 persen. Di peringkat ketiga, Ganjar-Mahfud MD mendapatkan total interaksi sebesar 11,3 juta atau setara dengan 25 persen.

“Dalam periode 21 Jan – 3 Feb 2024, Paslon 01 tampak hampir selalu berada di atas dalam jumlah interaksi harian, diikuti oleh Paslon 02, dan terakhir Paslon 03,” jelasnya.

Ismail menekankan analisis Instagram tersebut hanya menyediakan pencarian berdasarkan tanda pagar alias hashtag. Dengan begitu, unggahan yang tidak menggunakan keyword hashtag tertentu tidak muncul dalam pencarian.

“Namun karena keterbatasan hasil crawling IG Search, hasilnya mungkin tidak menggambarkan kondisi sebenarnya. IG Search hanya menampilkan postingan yang mengandung hashtags yang kita cari. Kata-kata biasa tidak muncul dalam pencarian. Banyak selebritis yang tidak memakai hashtags, jadinya tidak tertangkap,” paparnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat terakhir Pilpres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, pada Minggu (4/2). Debat kelima ini akan diikuti oleh tiga calon presiden, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Tema besar dalam debat terakhir yakni kesejahteraan sosial, pembangunan SDM, dan inklusi. Subtemanya meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

KPU mengatakan Prabowo Subianto mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi-misinya pada debat Pilpres terakhir tersebut. Komisioner KPU August Mellaz menyatakan urutan itu ditetapkan dengan sistem bergilir atau rotasi.

(frl/dmi)

[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com