9 Hari Lagi, Akun Gmail Tidak Aktif Mulai Dihapus

Waspada akun Gmail dan kanal YouTube Anda bisa tiba-tiba hilang pada 1 Desember. Simak sebab dan cara tangkalnya.

Jakarta, CNN Indonesia

Akun Google, termasuk Gmail, YouTube, dan Google Ads, yang tidak aktif selama dua tahun akan dihapus mulai 1 Desember 2023.

Google mengeluarkan kebijakan untuk menghapus akun pengguna jika dalam waktu 2 tahun terakhir tak kunjung login di segala platformnya.

Login ini bisa berupa akses ke Gmail, akun YouTube, dan layanan-layanan lain dari raksasa teknologi AS itu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Produk-produk Google berhak menghapus data Anda bila akun Anda tidak dipakai pada produk-produk tersebut dalam jangka waktu 2 tahun,” demikian pernyataan Google di blognya.

“1 Desember 2023 adalah tanggal paling awal penghapusan Akun Google karena kebijakan ini,” lanjut perusahaan,” Hal ini ditentukan berdasarkan kebijakan ketidakaktifan masing-masing produk.”

Apa itu maksudnya akun yang tidak aktif?

“Akun Google yang tidak aktif adalah akun yang tidak digunakan dalam jangka waktu 2 tahun. Google berhak menghapus Akun Google yang tidak aktif beserta aktivitas dan datanya jika Anda tidak aktif di Google selama minimal dua tahun,” jawab Google.

Sebelum menghapus akun, Google akan memberi peringatan kepada pengguna Anda agar mengambil tindakan pencegahan. Bentuknya, “mengirim pemberitahuan email ke Akun Google Anda, mengirim pemberitahuan ke email pemulihan Anda, jika ada.”

Google juga menjelaskan makna aktif, yang sekaligus merupakan cara mencegah penghapusan akun. Berikut daftarnya:

– Membaca atau mengirim email.

– Menggunakan Google Drive.

– Menonton video YouTube.

– Berbagi foto.

– Mengunduh (download) aplikasi.

– Menggunakan Google Search.

– Menggunakan Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Aktivitas Google sendiri terkait dengan akun, dan bukan dengan perangkat. Sehingga pengguna dapat melakukan sederet aktivitas tersebut dengan perangkat apapun, baik ponsel maupun PC.

Jika pengguna memiliki lebih dari satu akun Google, sangat disarankan untuk melakukan aktivitas dengan tiap akun agar akun tersebut tidak dihapus oleh Google.

Meski demikian, perusahaan memberi pengecualian buat akun Google tertentu. Apa saja?

“Kebijakan ini berlaku untuk Akun Google pribadi Anda. Kebijakan ini tidak berlaku untuk Akun Google apa pun yang disiapkan untuk Anda melalui kantor, sekolah, atau organisasi lainnya,” kata perusahaan.

Kreator YouTube Rene Ritchie menilai kebijakan ini tidak akan mencakup penghapusan akun yang pernah mengunggah video YouTube. Hal itu terkait kekhawatiran sejumlah orang soal potensi penghapusan video di kanal milik kreator yang sudah meninggal.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)



Sumber: www.cnnindonesia.com