9 Cara agar Hp Tidak Cepat Panas, Sederhana tapi Ampuh

Penggunaan hp yang berlebihan bisa membuatnya terasa panas alias overheat. Simak cara agar hp tidak cepat panas saat digunakan.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Penggunaan hp yang berlebihan bisa membuatnya terasa panas alias overheat. Saat hp terasa panas, tentu hal tersebut membuat pengguna jadi tidak nyaman.

Sebelum kondisi ini terjadi, kamu bisa mengantisipasinya dengan menerapkan cara agar hp tidak cepat panas.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hp yang overheat sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, bermain game dan menonton video atau streaming yang terlalu lama.

Penyebab lainnya, melakukan telepon dan panggilan video yang terlalu lama, memainkan hp saat proses charging, kecerahan layar terlalu tinggi, Wi-Fi yang terhubung terlalu lama, dan banyak lagi.

Berikut cara yang bisa kamu coba untuk menetralkan kembali suhu hp yang dilansir dari laman Make Use Of dan sumber lainnya.

1. Aktifkan mode pesawat

Mode pesawat atau airplane mode merupakan cara yang dapat dilakukan untuk membuat hp tidak panas. Kamu bisa mengaktifkannya sementara waktu agar sistem operasi hp beristirahat sejenak.

Setelah beberapa menit, suhu hp akan kembali normal dan mode pesawat sudah dapat dimatikan.

2. Cas sampai 80 persen




Ilustrasi. Overheat adalah kondisi hp yang terlalu panas akibat penggunaan yang berlebihan. Simak cara agar hp tidak cepat panas dengan mudah (iStockphoto/turk_stock_photographer)

Cara selanjutnya adalah mengisi baterai sebanyak 80 persen saja agar dapat membuat hp tidak panas, seperti dikutip dari Insider.

Apabila hendak mengisi baterainya semalaman, usahakan untuk meletakkan hp di permukaan yang dingin dan rata. Hindari meletakkannya di bantal atau seprai.

3. Jauhkan hp dari sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung dan cuaca yang panas dapat menyebabkan hp overheat. Untuk itu, jauhkan hp sinar matahari langsung, seperti meletakkannya pada dashboard mobil.

Letakkan hp di tempat yang teduh dan sejuk serta jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

4. Lepas casing hp

Cara agar hp tidak cepat panas selanjutnya adalah melepaskan casing hp untuk mendinginkannya. Sebab, panas juga bisa disebabkan oleh penggunaan casing hp yang terlalu lama.

Casing sebenarnya tidak menyebabkan hp overheat tetapi penggunaan casing berbahan plastik atau karet dapat memerangkap panas yang dikeluarkan hp sehingga membuatnya menjadi panas.

5. Matikan bluetooth dan GPS

Bluetooth atau GPS yang aktif membutuhkan konsumsi baterai yang besar saat digunakan. Jika dibiarkan aktif terus dapat menyebabkan baterai overheat. Untuk itu, matikan bluetooth dan GPS apabila tidak digunakan.

6. Matikan hp




Shot of an unrecognizable group of people social networking insideIlustrasi. Overheat adalah kondisi hp yang terlalu panas akibat penggunaan yang berlebihan. Simak cara agar hp tidak cepat panas dengan mudah (Istockphoto/ Farknot_Architect)

Apabila hp benar-benar terasa panas, sebaiknya matikan hp dalam beberapa waktu. Tujuannya untuk memberi jeda terhadap hp sebab sudah bekerja ekstra selama berjam-jam.

Anda bisa mematikannya sekitar 10-20 menit dan meletakkannya di lantai. Setelah itu, Anda dapat menyalakan kembali hp.

7. Pakai aplikasi secukupnya

Hindari mengunduh banyak aplikasi tetapi tidak digunakan. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja.

Selain itu, matikan notifikasi aplikasi yang berjalan dan nonaktifkan layanan lokasi agar hp tidak cepat panas.

8. Turunkan tingkat kecerahan layar

Kecerahan layar juga dapat membuat hp menjadi panas. Sebab cahaya hp yang terlalu terang dapat menyedot baterai sehingga membuatnya overheat.

Untuk mengatasi hp yang panas, Anda dapat menurunkan tingkat kecerahan layar hp menjadi lebih gelap.

9. Tutup aplikasi

Untuk mengatasi hp panas sementara waktu bisa dengan menutup semua aplikasi yang tidak digunakan. Menutup aplikasi saat sedang mengisi baterai juga efektif menurunkan suhu hp.

Itulah beberapa cara agar hp tidak cepat panas. Semoga membantu.

(juh)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com