9 Cara agar Baterai Hp Tidak Cepat Habis saat Bepergian

Cara agar baterai Android awet berjam-jam merupakan hal yang penting untuk diketahui bagi kamu yang gemar bepergian. Cek caranya.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Baterai adalah komponen yang penting dari sebuah hp. Baterai yang memiliki kapasitas daya besar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Namun pada hp dengan baterai berdaya terbatas diperlukan trik khusus agar baterai hp tidak cepat habis dan lebih awet.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cara-cara ini perlu diketahui bagi Anda yang hendak bepergian jauh, terlebih jika Anda tidak memiliki power bank. Langkah-langkah sederhana ini dapat diterapkan.

Ada banyak faktor yang membuat baterai hp cepat habis. Misalnya, banyak aplikasi yang tengah berjalan atau jaringan internet yang tidak stabil.

Untuk menyiasatinya, berikut cara agar baterai hp tidak cepat habis yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Aktifkan dark mode

Jika hp Android Anda memiliki layar AMOLED, gunakan latar belakang berwarna gelap supaya meningkatkan durasi penggunaan hp.

Sebab, layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Makin banyak piksel hitam atau gelap, maka makin berkurang daya yang diperlukan.

Anda juga dapat mengaktifkan mode malam untuk alternatif cara menghemat penggunaan baterai.

2. Aktifkan mode hemat daya

Langkah berikutnya untuk menghemat daya baterai adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya, seperti yang dijelaskan dalam laman Pcmag.

Dengan mengaktifkan mode ini, secara otomatis Anda dapat mengurangi fungsi yang berpotensi menghabiskan masa pakai baterai hp.

Sebab, cara ini dapat membatasi kecepatan mesin hingga 70 persen dan menurunkan kecerahan hingga 10 persen sehingga bisa digunakan jika Anda berada di perjalanan atau dalam keadaan darurat seperti mati listrik.

3. Aktifkan mode pesawat




Ilustrasi. Baterai adalah komponen penting dari sebuah hp. Diperlukan trik khusus agar baterai hp tidak cepat habis saat bepergian. Salah satunya caranya dengan mengaktifkan mode pesawat (istockphoto/Hispanolistic)

Mode pesawat atau airplane mode merupakan cara yang dapat diaplikasikan untuk menghemat penggunaan baterai hp.

Pasalnya, koneksi internet dapat menguras baterai hp. Terlebih jika koneksi sedang tidak stabil, baterai bisa cepat habis karena bekerja mencari sinyal.

Namun perlu diingat bahwa cara ini akan membuat kondisi hp offline sehingga tidak dapat mengakses internet meski hp menyala.

Untuk itu, cara ini dapat digunakan apabila Anda sedang tidur. Anda dapat menggunakan mode pesawat ini untuk sementara waktu.

4. Kurangi kecerahan layar hp

Cara agar baterai hp tidak cepat habis berikutnya adalah mengurangi kecerahan layar hp. Anda dapat mengaturnya pada menu Settings atau Pengaturan.

Selain mengatur dengan cara manual, Anda juga dapat menonaktifkan kecerahan otomatis.

5. Matikan aplikasi yang berjalan

Selanjutnya adalah mematikan atau menghilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Sebab, aplikasi yang terus berjalan di latar belakang bahkan saat tidak digunakan dapat menguras baterai hp.

Anda dapat memeriksanya secara berkala untuk mengetahui apakah ada aplikasi yang berjalan. Jika tidak digunakan, aplikasi tersebut bisa Anda hapus atau nonaktifkan.

6. Matikan GPS




GPS Map to Route Destination network connection Location Street Map with GPS Icons NavigationIlustrasi. Baterai adalah komponen penting dari sebuah hp. Diperlukan trik khusus agar baterai hp tidak cepat habis saat bepergian. Salah satunya caranya dengan mematikan fungsi GPS (iStockphoto/juststock)

Cara paling signifikan untuk menghemat penggunaan baterai hp adalah dengan mematikan sementara fungsi GPS, seperti dilansir dari laman Developer Android.

Anda dapat langsung menonaktifkannya dari menu notifikasi. Caranya dengan membuka Pengaturan>Keamanan & lokasi>geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

7. Matikan fitur Motions dan Gestures

Motions dan Gestures adalah fitur yang memudahkan Anda untuk melakukan perintah yakni hanya dengan gerakan khusus pada layar.

Misalnya seperti saat Anda mengambil tangkapan layar atau screenshot di hp atau mengabaikan panggilan telepon.

Akan tetapi, fitur ini cukup menguras daya baterai. Untuk itu, Anda harus mematikan fitur ini agar baterai tidak cepat habis.

8. Matikan getaran dan suara tombol

Fitur getaran membuat motor elektrik untuk menggetarkan hp membutuhkan daya yang cukup besar. Selain itu, fitur ini hanya diperlukan di saat momen-momen tertentu.

Sebaiknya Anda mengaktifkan mode silent atau mode sunyi saja dan mematikan suara pada papan tombol. Biasanya, suara papan tombol secara default menyala pada papan ketik dial dan pada keyboard.

9. Matikan Wi-Fi dan lainnya

GPS, Wi-Fi, bluetooth, dan data seluler dapat menguras daya baterai hp. Menyalakan Wi-Fi yang tidak ada jaringannya dapat membuat ponsel terus bekerja mencari jaringan dan dapat menguras kinerja baterai.

Anda dapat mematikannya dengan membuka Pengaturan> Jaringan & internet> Wi-Fi. Kemudian di bagian bawah preferensi WI-Fi, hapus centang pada opsi Nyalakan WI-Fi secara otomatis.

Demikian cara agar baterai Hp tidak cepat habis. Selamat mencoba!

(juh)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com