8 Cara agar Baterai Android Awet Berjam-jam Selama di Perjalanan

Cara agar baterai Android awet berjam-jam merupakan hal yang penting untuk diketahui bagi kamu yang gemar bepergian. Cek caranya.
Jakarta, CNN Indonesia

Cara agar baterai Android awet berjam-jam merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh kamu yang gemar bepergian.

Tips ini wajib dicoba agar baterai ponsel tahan lama selama di perjalanan, terutama bagi yang tidak memiliki power bank.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baterai adalah komponen yang penting dari sebuah perangkat termasuk ponsel. Baterai dengan kapasitas daya yang besar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Namun tidak semua ponsel Android dibekali dengan kapasitas daya yang besar. Untuk baterai berdaya terbatas diperlukan trik khusus agar baterai awet.

Lantas bagaimana cara menghemat penggunaan baterai Android agar bisa awet berjam-jam? Berikut beberapa langkah yang dapat dicoba.

Cara agar baterai Android awet




Ilustrasi. Cara agar baterai Android awet berjam-jam selama di perjalanan. (Picjumbo/Viktor Hanacek)

Dihimpun dari laman Support Google sumber lainnya, berikut ini cara agar baterai awet berjam-jam sehingga perjalanan nyaman.

1. Aktifkan dark mode

Jika hp Android yang kamu gunakan memiliki layar AMOLED, gunakan latar belakang berwarna gelap. Cara ini dapat membantu meningkatkan usia baterai sebab layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna.

Piksel berwarna hitam atau gelap memerlukan lebih sedikit daya sehingga cara ini dapat menjadi alternatif cara agar baterai awet berjam-jam.

2. Aktifkan mode pesawat

Mode pesawat alias Airplane Mode juga dapat diaktifkan untuk membuat baterai Android awet. Sebab, koneksi internet dapat menguras bateri hp.

Akan tetapi, mengaktifkan mode pesawat membuat hp dalam kondisi offline sehingga dapat dimanfaatkan saat kamu tidur di perjalanan dan ketika sedang tidak membutuhkan koneksi internet hp.

3. Gunakan mode hemat daya

Mengaktifkan mode hemat daya secara otomatis mampu mengurangi fungsi yang dapat menghabiskan masa pakai baterai, seperti dikutip dari laman Pcmag.

Fitur ini akan membatasi kecepatan mesin hingga 70 persen dan menurunkan kecerahan hingga 10 persen yang dapat membuat baterai lebih awet.

4. Hindari aplikasi yang terus berjalan

Hilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan, sebab aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dapat menguras baterai hp.

Kamu bisa mengeceknya secara berkala untuk mengetahui apakah ada aplikasi yang berjalan. Jika tidak digunakan, hapus atau nonaktifkan aplikasi tersebut.

5. Kurangi kecerahan layar hp

Apabila tidak ingin mengaktifkan mode hemat daya, kamu bisa mengurangi kecerahan layar hp secara manual di pengaturan.

Kamu juga bisa menonaktifkan kecerahan otomatis sebab fitur ini memang dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan tetapi juga dapat membuat layar jadi cerah berlebihan.

6. Matikan GPS

Cara paling signifikan untuk menghemat baterai ponsel adalah dengan mematikan sementara fungsi GPS, seperti dijelaskan dalam laman Developer Android.

Adapun caranya cukup dengan membuka Pengaturan> Keamanan & lokasi> geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

7. Matikan suara atau getaran keyboard

Kamu juga bisa mematikan fitur suara atau getaran keyboard. Cara ini dapat membantu agar baterai lebih awet selama berjam-jam.

8. Matikan Wi-Fi

Wi-Fi dapat menguras baterai hp, apalagi jika menyalakan Wi-Fi yang tidak ada jaringannya, hal itu bisa membuat ponsel terus bekerja dan baterai cepat habis.

Cara mematikannya dengan membuka Pengaturan> Jaringan & internet> Wi-Fi. Di bagian bawah preferensi WI-Fi, hapus centang pada opsi Nyalakan WI-Fi secara otomatis.

Selain Wi-Fi, bluetooth yang aktif juga dapat menghabiskan daya baterai.

Itulah beberapa cara agar baterai Android awet. Selamat mencoba!

(juh)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com