7 Cara Mengatasi Microphone Laptop Tidak Berfungsi

Tak perlu buru-buru panik ketika mikrofon laptop mati atau tidak berfungsi. Berikut cara mengatasi microphone laptop tidak berfungsi.

Jakarta, CNN Indonesia

Microphone laptop yang tidak berfungsi memang bisa bikin panik, apalagi jika hendak digunakan untuk rapat atau teleconference secara online.

Berikut cara mengatasi microphone laptop tidak berfungsi.

Ada sejumlah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali mikrofon yang mati. Anda juga tidak harus menyalakan ulang laptop.

Dikutip dari Lifewire, terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan ketika microphone laptop tidak berfungsi.

1. Pastikan mikrofon tidak dibisukan

Anda bisa mengatasinya dengan memastikan aturan pada mikrofon dibisukan atau tidak.

Untuk memastikannya bisa membuka Control Panel lalu hardware and sound dan klik Sound juga klik Recording. Setelah itu, klik kanan mikrofon lalu klik properti.

Kemudian, klik levels. Jika ikon mikrofon memiliki lingkaran merah yang dicoret, Anda bisa mengeklik ikon untuk menghilangkan lingkaran merah dicoret. Mikrofon pun aktif.

2. Pastikan mikrofon sebagai default

Anda mungkin sebelumnya sempat menggunakan mikrofon lain atau headset saat memakai laptop. Jika demikian, Windows mungkin menyetel mikrofon lain sebagai default.

Cara untuk mengubah mikrofon menjadi default adalah dengan buka Control Panel, klik Hardware and Sound, klik Sound, klik Recording, lalu klik microphone dan klik Set Default.

3. Mikrofon eksternal

Cabut dan pasang kembali jika Anda menggunakan mikrofon eksternal. Laptop dirancang untuk secara otomatis beralih antara mikrofon internal dan perangkat keras eksternal saat dicolokkan.

Jika tidak berhasil, cobalah untuk mencolokkan mikrofon eksternal dan cabut stekernya untuk menggunakan perangkat keras internal. Hal itu membuat perangkat lunak beralih ke mikrofon yang ingin digunakan.

4. Update driver audio

Cara mengatasi microphone laptop tidak berfungsi bisa dilakukan dengan memperbarui atau update driver audio.

Driver mikrofon yang usang akan mencegahnya bekerja dengan benar. Setelah melakukan update, pastikan Anda me-restart komputer supaya mikrofon bisa bekerja.

5. Jalankan troubleshooter

Troubleshooter akan secara otomatis memeriksa dan memperbaiki masalah terkait pemutaran dan perekaman suara.

Biarkan mikrofon berjalan sepenuhnya lalu periksa apakah mikrofonmu sudah berfungsi.

Caranya, klik Control Panel > Troubleshooting > Hardware and Sound > Recording lalu klik Next dan ikuti petunjuk layar.

6. Periksa izin akses mikrofon

Anda bisa memeriksa apakah mikrofon telah diberikan izin akses ke semua aplikasi atau tidak. Caranya tekan logo Windows pada keyboard lalu klik pengaturan privasi mikrofon.

Pilihlah izinkan aplikasi untuk mengakses mikrofon lalu scroll ke bawah dan pilih aplikasi mana saja yang bisa mengakses mikrofon.

7. Update perangkat

Salah satu kemungkinan mikrofon tidak berfungsi karena terjadi crash pada perangkat keras.

Solusinya, Anda bisa mencoba untuk memperbarui perangkat sebagai langkah mengaktifkan mikrofon. Jangan lupa untuk nyalakan ulang ketika sudah melakukan update.

Demikian cara mengatasi microphone laptop tidak berfungsi yang bisa dicoba. Semoga berhasil!

(glo/fef)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com