7 Aplikasi untuk Melihat Kemacetan Jalur dan Arus Mudik Lebaran

Beberapa aplikasi untuk melihat kemacetan dapat membantu Anda memantau kondisi jalur mudik. Simak rekomendasi aplikasinya!

Jakarta, CNN Indonesia

Banyaknya masyarakat yang memilih pulang kampung melalui jalur darat tentu berpotensi memunculkan kemacetan. Supaya perjalanan lancar, ada beberapa aplikasi untuk melihat kemacetan yang dapat membantu Anda memantau kondisi jalur mudik.

Sejumlah aplikasi ini akan membantu Anda memantau arus lalu lintas, menunjukkan rute perjalanan, serta memberikan informasi kepadatan lalu lintas.

Selain itu, aplikasi-aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi penting yang dibutuhkan selama perjalanan. Mulai dari lokasi SPBU hingga rest area.

Anda juga dapat menggunakannya dengan mudah di Hp Android. Cukup dengan mengunduhnya dan menginstalnya di hp.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah aplikasi untuk melihat kemacetan jalur dan arus mudik Lebaran yang dapat Anda pilih dan gunakan.

1. Ayo Mudik

Tidak hanya dapat melihat kemacetan, aplikasi bernama Ayo Mudik ini memiliki fitur jalur mudik bagi pemudik yang belum memahami rute yang hendak ditempuh.

Ayo Mudik akan membantu penggunanya mendapatkan rute terbaik, terutama untuk jalur di Sumatra, Jawa, dan Bali.

Pemudik juga dapat menemukan posko mudik dan posko kesehatan terdekat dari lokasi. Informasi lainnya yang diberikan aplikasi ini adalah lokasi bengkel, ATM, pom bensin, dan pos polisi terdekat.

2. Google Maps


Ilustrasi. Aplikasi untuk melihat kemacetan jalur dan arus mudik Lebaran, salah satunya Google Maps (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Selain dapat membantu navigasi saat berkendara sehari-hari, Google Maps juga dapat membantu navigasi saat mudik. Mulai dari memberikan informasi lokasi SPBU, tempat makan, tempat ibadah, hingga rest area.

Aplikasi ini dapat menampilkan situasi kemacetan jalan dengan tiga indikator warna, yakni merah untuk macet, kuning untuk jalanan padat, dan biru untuk jalanan lancar.

3. HERE WeGo

Aplikasi untuk melihat kemacetan mudik Lebaran selanjutnya adalah HERE WeGo. Secara umum, HERE WeGO memiliki fitur seperti aplikasi navigasi lainnya.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat diakses tanpa koneksi internet. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan penggunanya yang mudik ke daerah yang belum mendapat koneksi 4G.

4. LewatMana

LewatMana merupakan aplikasi lalu lintas yang memungkinkan pemudik untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini.

Aplikasi yang satu ini juga dapat terkoneksi dengan kamera keamanan atau CCTV yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Bali.

5. NTMC Mudik

Dirilis oleh Korlantas Mabes POLRI, NTMC Mudik merupakan aplikasi yang telah membantu perjalanan pemudik.

Sama seperti aplikasi navigasi lainnya, NTMC Mudik juga memberikan informasi penting seperti titik kemacetan, lokasi SPBU, rest area, dan lainnya.

NTMC Mudik juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan tambahan lainnya dari NTMC TV, Jasa MArga, Jasa Raharja, dan informasi dari POLRI.

6. Travoy

Travoy merupakan aplikasi besutan Jasa Marga yang dapat membantu pemudik merencanakan waktu mudiknya. Pengguna dapat memasukkan tanggal keberangkatan dan data ini akan digabungkan dengan data pengguna lainnya.

Dengan begitu, pengguna dapat mengetahui seberapa banyak orang yang mudik di tanggal yang dipilih.

Aplikasi ini juga memberikan informasi penting seperti tarif tol, rest area, hingga memesan makan di rest area yang berjarak 20 kilometer.

Travoy juga dibekali dengan fitur Yuk Mampir yang menampilkan destinasi wisata dan kuliner di luar jalan tol.

7. Waze


Aplikasi peta Waze yang telah dibeli Google pada 2013Ilustrasi. Aplikasi untuk melihat kemacetan jalur dan arus mudik Lebaran, salah satunya Waze (Waze)

Sama dengan Google Maps, Waze menjadi salah satu aplikasi peta dan navigasi yang banyak digunakan. Selain untuk pemakaian sehari-hari, Waze juga dapat membantu perjalanan mudik.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengetahui tingkat kemacetan di jalan dan memberikan jalur alternatif tercepat. Penggunanya juga akan mendapatkan kondisi jalan dari pengguna Waze lainnya secara real-time.

Itulah beberapa aplikasi untuk melihat kemacetan dan arus mudik Lebaran. Selamat mudik, semoga perjalanan lancar dan sampai tujuan dengan selamat.

(juh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com