6 Bahaya Charger HP Dicolok Terus di Stopkontak

Lubang port charger handphone (hp) yang longgar merupakan masalah yang kerap terjadi. Simak cara memperbaiki charger hp yang longgar!
Jakarta, CNN Indonesia

Apakah kamu punya kebiasaan membiarkan charger HP dibiarkan tertancap ke stopkontak padahal tidak digunakan? Hentikan kebiasaan ini sekarang juga ya!

Jika tidak digunakan, sebaiknya cabut charger HP dari stopkontak. Pasalnya, ada sejumlah bahaya charger HP dicolok terus yang mengintai.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Charger yang terus-menerus terhubung ke stopkontak tanpa perangkat bisa membahayakan. Tidak hanya pada kondisi charger tetapi juga pada keselamatan penghuni di rumah.

Bahaya charger HP dicolok terus




Ilustrasi. Bahaya charger HP dicolok terus (iStockphoto/AntonioGuillem)

Dirangkum dari laman Meyer’s. dan sumber lainnya, berikut ini beberapa bahaya charger HP dicolok terus yang perlu diperhatikan.

1. Charger terlalu panas

Charger yang terus-menerus terhubung ke stopkontak tanpa adanya perangkat yang diisi daya bisa membuatnya terlalu panas atau overheating.

Hal ini disebabkan oleh arus listrik yang terus mengalir ke charger. Overheating dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal.

2. Kebakaran

Bahaya charger HP dicolok terus berikutnya adalah risiko terjadinya kebakaran. Saat pengisi daya terlalu panas hal ini bisa menjadi sumber potensial kebakaran dan korsleting listrik.

3. Tagihan listrik meningkat

Bahaya lain yang dapat terjadi adalah tagihan listrik meningkat. Sebab meski ponsel tidak tersambung ke pengisi daya, tetapi tetap ada energi yang terpakai.

Sebab, menghubungkan charger ke stopkontak tanpa perangkat yang diisi juga akan terus menggunakan daya listrik, meski dalam jumlah kecil.

Jika dibiarkan, tentu hal tersebut berpengaruh pada tagihan listrik.

4. Konsumsi energi yang terbuang

Seperti yang telah meski ponsel tidak tersambung ke pengisi daya, tetapi tetap ada energi yang terpakai.

Artinya, mencolokkan charger HP terus-menerus adalah pemborosan energi. Penggunaan energi tersebut terbuang-buang begitu saja.

5. Kerusakan pada port usb charger

Dampak atau bahaya selanjutnya adalah dapat membuat port usb rusak. Jika ini terjadi, charger sulit digunakan untuk mengisi atau digunakan untuk mengirimkan data.

6. Charger cepat rusak

Selain bagian port usb yang bisa rusak, charger yang terus-menerus terhubung ke stopkontak juga dapat mengalami keausan lebih cepat.

Hal ini dapat membuat charger cepat rusak dan mengurangi usia penggunaannya.

Tips menggunakan charger HP yang benar

Berikut beberapa tips menghindari bahaya yang terjadi selama mengisi daya HP.

  1. Gunakan charger yang berkualitas dan resmi yang sesuai dengan perangkat.
  2. Cabut charger dari stopkontak saat tidak digunakan.
  3. Periksa kondisi charger secara berkala untuk mengetahui apakah ada kerusakan yang dapat membahayakan.
  4. Gunakan timer untuk memudahkan proses pengisian daya yang sesuai waktunya dan menghindari charger tetap terhubung terlalu lama.
  5. Perhatikan indikator pengisian daya pada perangkat dan cabut charger saat perangkat sudah terisi penuh.

Itulah sejumlah bahaya charger HP dicolok terus yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat!

(juh)


[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com