5 Tema yang Banyak Digarap Netizen terkait Debat Cawapres

Warganet asal Inggris Mahyar Tousi mengaku menerima ancaman pembunuhan dari WNI dan pejabat usai mengunggah komentar nyinyir soal batik para pemimpin G20.


Jakarta, CNN Indonesia

Analisis big data mengungkap setidaknya lima kata kunci yang paling banyak dibahas netizen terkait debat calon wakil presiden (cawapres) kemarin.

Debat cawapres kedua atau debat Pilpres keempat, Minggu (21/1) malam, mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Big Data Continuum INDEF menemukan beberapa tema yang banyak dibicarakan masyarakat selama debat berlangsung bahkan setelah debat selesai. Masyarakat banyak membicarakan tema-tema itu di media sosial, baik melalui twitter atau X maupun di YouTube hingga TikTok.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

INDEF mengumpulkan data dari tiga media sosial selama periode 21 Januari mulai pukul 19.00 WIB hingga 22 Januari, pukul 08.00 WIB. Itu berarti data diambil Saat dan setelah debat berlangsung.

Secara total, ada 108,914 ribu perbincangan mengenai debat tadi malam yang diunggah oleh 85,988 ribu akun media sosial.

Rinciannya, 16.724 ribu pembahasan oleh 1.090 ribu akun X, 42.439 ribu perbincangan di 33 ribu akun TikTok, dan 49 ribu komentar di YouTube yang disampaikan oleh 37 ribu akun.

Berikut tema-tema yang paling banyak dibahas oleh masyarakat selama debat:

1. Food Estate

Banyak masyarakat menilai bahwa food estate memang memerlukan waktu yang tidak sebentar agar bisa berhasil. Meski begitu, netizen juga menilai bahwa kegagalan itu jika dibiarkan maka berpotensi merugikan negara.

Selain itu, netizen juga menyampaikan agar pupuk dipermudah. Pasalnya selama ini petani selalu mengalami kesulitan.

2. Hilirisasi

Muncul istilah ‘apapun temanya, jawabannya hilirisasi’ di pengguna media sosial. Hal ini merujuk pada salah satu paslon yang memang mengedepankan hilirisasi sebagai program utama.

Selain itu, produksi nikel juga dibahas. Kaitannya dengan apakah eksplorasi nikel benar-benar menguntungkan negara.

3. Dana desa

Di media sosial banyak netizen yang tak percaya dana desa Rp5 miliar bakal terwujud. Netizen juga beranggapan tak selamanya kenaikan anggaran berdampak baik. karena bisa juga menjadi celah korupsi.

4. Green Inflation

Netizen juga ikut mengomentari istilah green inflation yang muncul di debat kali ini. Mereka beranggapan bahwa green inflation bukan masalah ‘receh’.

5. Mafia tanah

Netizen menilai masalah mafia tanah adalah masalah klasik yang tak kunjung usai. Masalah reforma agraria juga menjadi masalah yang menjadi tuntutan netizen agar diselesaikan segera.

Netizen juga meminta jangan sampai sebagian besar tanah hanya dikuasai segelintir orang saja.

[Gambas:Video CNN]

(tst/arh)




Sumber: www.cnnindonesia.com