5 Cara Mengetahui WA Disadap Pakai WhatsApp Web

Agar terhindar dari risiko penyadapan akun WA, kamu bisa mengeceknya dengan sejumlah cara. Berikut cara mengetahui akun WA disadap pakai WhatsApp Web.

Daftar Isi



  • Cara mengetahui WA disadap pakai WhatsApp Web

  • Cara menonaktifkan akun WhatsApp

Jakarta, CNN Indonesia

Membuka akun WhatsApp di desktop dapat meningkatkan risiko penyadapan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Karena itu, kamu perlu terus waspada dengan melakukan cara mengetahui WA disadap pakai WhatsApp Web.

Membuka WhatsApp di desktop memang dapat mempermudah alur komunikasi sehari-hari. Namun, hal ini berisiko membuatmu menjadi sasaran pembajakan, terlebih jika perangkat yang digunakan bukanlah milik pribadi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bisa jadi suatu saat kamu lupa log out dari WhatsApp Web sehingga orang lain dapat mengaksesnya dengan mudah. Akibatnya, oknum tersebut memiliki akses terhadap informasi penting dan data pribadimu.

Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa melakukan pengecekan rutin dengan sejumlah cara.

Cara mengetahui WA disadap pakai WhatsApp Web

Berikut cara mengetahui akun WA disadap melalui WhatsApp Web, seperti dilansir dari laman alphr.com.

1. Cek aktivitas akun WhatsApp

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek aktivitas percakapan. Carilah pesan yang tidak kamu kirimkan ataupun terima. Lalu, pastikan juga tidak ada pesan dari nomor yang tidak terdaftar di kontak.

2. Cek informasi akun

Ketika seseorang menggunakan akun WhatsApp-mu, bisa jadi ia akan mengubah informasi akun. Untuk mengeceknya, kamu bisa tanda titik tiga di bagian atas jendela percakapan, pilih Settings, dan tekan opsi Profile.

Review seluruh informasi mengenai akunmu untuk memastikan isinya masih sesuai dengan yang tertulis sebelumnya. Jika ada informasi yang berbeda, segera amankan akun dengan cara log out dari seluruh perangkat terhubung.

3. Cek daftar teman di WhatsApp

Jika jumlah kontak WhatsApp tidak terlalu banyak, kamu bisa mengeceknya untuk memastikan ada tidaknya nomor tidak dikenal yang tiba-tiba terdaftar sebagai kontak.

Apabila ada, kamu bisa memblokir nomor tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

4. Cek daftar perangkat yang terhubung

Cara mengetahui WA disadap pakai WhatsApp Web selanjutnya adalah dengan mengecek daftar perangkat. Buka pengaturan dan pilih menu Linked Device untuk memastikan akun tidak terhubung dengan perangkat asing.

5. Cek aktivitas terakhir WhatsApp Web

Terakhir, cek aktivitas terakhir dari WhatsApp Web. Jika waktu terakhir kamu membukanya dan keterangan yang tertera di menu Linked Device tidak sesuai, hal ini patut dicurigai. Bisa jadi orang lain yang memiliki akses ke akunmu.

Cara menonaktifkan akun WhatsApp

Apabila yakin akunmu telah dibajak dan sulit mengambilalihnya kembali, kamu bisa memilih untuk menonaktifkannya.

Ini bisa dilakukan dengan mengirim email ke [email protected] dengan judul “Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya”.

Setelah itu, pihak WhatsApp akan menonaktifkan akun serta menutup aksesnya. Namun, kamu akan diberi waktu 30 hari untuk berubah pikiran sebelum akun terhapus sepenuhnya.

Apabila berubah pikiran, kamu hanya perlu log in kembali ke akun WhatApp melalui aplikasi di ponsel.

Itulah cara mengetahui WA disadap pakai WhatsApp Web dan menonaktifkan akun jika diperlukan. Selamat mencoba.

(han/fef)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com