5 Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Sendiri sesuai Penyebabnya

Salah satu masalah touchpad yaitu tidak berfungsi alias macet atau stuck. Berikut cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Ada beragam masalah yang bisa ditemui dalam penggunaan laptop. Salah satunya kursor atau layar laptop yang bergerak tanpa ada yang mengendalikan.

Namun, sebelum buru-buru membawa laptop ke tempat servis, kamu bisa mencoba cara mengatasi layar laptop bergerak sendiri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat hal ini terjadi banyak pengguna mengalami kebingungan bahkan panik. Namun jangan khawatir dan usahakan tetap tenang. Lalu coba lakukan beberapa cara untuk memulihkan kembali laptop yang bergerak sendiri sesuai dengan penyebabnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Memeriksa charger laptop

Jika kamu menggunakan charger yang tidak resmi hal ini bisa membahayakan perangkat dan menimbulkan berbagai masalah, termasuk layarnya yang bergerak sendiri.

Apabila menggunakan charger bukan bawaan, coba periksa port-nya apakah longgar atau tidak. Jika terdapat kelonggaran, kamu bisa membeli charger asli untuk mengatasi layar laptop yang bergerak sendiri.

2. Memeriksa touchpad, mouse, dan mousepad

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah memeriksa touchpad atau mouse. Jika kamu menggunakan touchpad, coba untuk menonaktifkannya melalui pengaturan atau setting.

Dilansir dari laman Make Use Of, jika kamu menyetel sensitivitas touchpad di laptop terlalu tinggi, kursor akan mudah bergerak.

Untuk menonaktifkannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Klik menu start
  2. Pilih setting
  3. Akan muncul pop up tab setting
  4. Pilih menu devices
  5. Pada bagian devices, klik menu touchpad di samping kiri
  6. Klik centang pada bagian leave touchpad on when a mouse is connected atau geser tombol di atasnya ke kanan hingga dalam keadaan off

Untuk cara yang lebih praktis, kamu bisa menekan tombol kombinasi tertentu. Berikut tombol kombinasi untuk menonaktifkan touchpad sesuai merek laptop.

  • ASUS: Fn + F9
  • Acer: Fn + F6 / F7
  • Dell: Fn + F3 / F7 / F9
  • HP: Fn + F7
  • Lenovo: Fn + F6 atau F8
  • Toshiba: Fn + F9

Jika setelah touchpad dinonaktifkan layar masih bergerak sendiri, berarti masalahnya bukan pada touchpad. Namun, jika laptop tidak bergerak sendiri lagi itu artinya touchpad memang bermasalah dan lebih baik dinonaktifkan sementara.

Untuk menggerakkan kursor, kamu bisa menggunakan mouse. Gunakan touchpad sebagai gantinya apabila masalahnya memang terletak pada mouse. Sebab, mousepad juga bisa menjadi penyebab layar laptop bergerak sendiri. Untuk itu, periksalah bahan mousepad yang digunakan.

3. Mengatur ulang sensitivitas pointer

Cara mengatasi layar laptop yang bergerak sendiri berikutnya adalah dengan mengatur ulang sensitivitas kursor. Simak panduannya berikut ini.

  1. Klik menu start
  2. Di kolom pencarian, ketik Control Panel
  3. Akan muncul pop-up tab control panel
  4. Pilih menu Hardware and Sound
  5. Di bagian Device and Printers, klik menu Mouse
  6. Akan muncul tab Mouse Properties
  7. Pindah ke bagian Pointer Options pada tab tersebut
  8. Atur kecepatan atau sensitivitas kursor pada bagian Select a pointer speed
  9. Jika dirasa terlalu sensitif, kamu bisa menggeser tombol ke arah slow.
  10. Klik apply

4. Update driver mouse

Driver mouse juga dapat menjadi penyebab layar laptop bergerak sendiri. Untuk itu, cobalah perbarui atau update driver mouse. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka menu start berlogo windows yang berada di pojok kiri bawah
  2. Pada kolom pencarian, tulis Device Manager
  3. Klik open pada menu tersebut
  4. Akan muncul pop-up tab Device Manager
  5. Pilih menu Mice and other pointing device dan klik kanan pada mouse yang Anda gunakan
  6. Akan buka tab baru untuk update drivers
  7. Pilih Search automatically for drivers
  8. Ikuti proses tersebut sampai selesai

5. Restart laptop

Cara terakhir yang dapat dicoba adalah melakukan restart. Akan tetapi saat layar laptop bergerak sendiri, kemungkinan restart tidak dapat dilakukan seperti biasanya.

Simak beberapa opsi yang bisa kamu lakukan untuk melakukan restart.

  1. Melalui tombol start. Klik menu start di pojok kiri bawah, lalu tekan tombol power. Selanjutnya, pilih restart.
  2. Melalui Alt + F4. Pertama-tama, tutup semua aplikasi yang digunakan. Kemudian, tekan tombol alt dan f4 di keyboard secara bersamaan. Setelah muncul dropdown menu, pilih restart dan klik OK.
  3. Melalui Windows + R. Tekan tombol Windows + R di keyboard secara bersamaan. Setelah muncul tab Run di pojok kiri, ketik shutdown dan tekan enter.
  4. Melalui Windows + X. Tekan tombol berlogo Windows + huruf X di keyboard secara bersamaan, lalu pilih menu shutdown or sign out dan klik restart.

Demikian cara mengatasi layar laptop bergerak sendiri. Jika cara-cara di atas belum berhasil menyelesaikan masalah, kamu bisa menemui tenaga ahli untuk memperbaikinya.

(juh)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com