5 Cara Mengatasi Error ‘Your Connection is Not Private’ di Browser

Berikut cara mengatasi Your connection is not private di browser apabila muncul peringatan kode error tersebut pada layar ketika mengakses link.

Jakarta, CNN Indonesia

Peringatan ‘Your connection is not private’ merupakan salah satu masalah umum yang muncul di web browser ketika pengguna mengakses link tertentu.

Cara mengatasi your connection is not private di browser tidaklah sulit. Sebab, pengguna bisa mengatur ulang setelan dari laptopnya masing-masing.

Error atau kegagalan mengakses seperti ini sebenarnya normal karena sebagai bentuk peringatan buat pengguna dari situs-situs yang dianggap tidak aman.

Penyebab Your Connection is Not Private

Penyebab munculnya peringatan kode error ‘Your connection is not private’ bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut penyebabnya, dilansir dari laman Hostinger.

1. Sertifikat SLL kedaluwarsa

Secure Socket Layer (SSL) adalah sistem protokol keamanan pada website. Apabila SLL kedaluwarsa, efeknya pada web akan muncul notifikasi Your connection is not private.

2. Antivirus terlalu sensitif

Antivirus yang terpasang di laptop biasanya beroperasi terlalu protektif sehingga akan memblokir situs-situs tertentu yang berpotensi bahaya. Apabila pengguna mengakses link mencurigakan, maka bisa muncul kode error ‘Your connection is not private’.

3. Masalah pada ekstensi browser

Penyebab lain munculnya peringatan ‘Your connection is not private’ bisa karena masalah pada ekstensi browser. Sebab ada beberapa ekstensi yang ketika digunakan dapat mengganggu verifikasi sertifikat SLL.

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebabnya, berikut cara mengatasi Your connection is not private di browser.

1. Clear cache browser

Cache dan cookie browser yang terlalu menumpuk dapat memengaruhi akses masuk ke website, sehingga muncul eror dan lainnya. Berikut cara clear cache di laptop:

Buka browser Google Chrome > klik ikon titik tiga di kanan atas > history > clear browsing data > pada menu time range pilih opsi all time > lalu clear data.

2. Browsing menggunakan mode incognito

Ketika muncul Your connection is not private, Anda jadi tidak bisa mengakses website yang dituju. Alternatifnya bisa dengan browsing menggunakan mode incognito supaya tidak ada data yang tersimpan di laptop.

Buka Google Chrome > klik ikon titik tiga di kanan atas > klik new incognito windows > masukkan link di kolom pencarian dan enter.

3. Cek antivirus

Antivirus yang terpasang di laptop mungkin saja bekerja dengan terlalu sensitif sehingga otomatis memblokir situs-situs tertentu ketika masuk browser.

Caranya Anda bisa menonaktifkan antivirus sementara waktu, kemudian coba lagi mengakses laman website yang dituju.

4. Cek terlebih dahulu websitenya

Pengguna internet perlu berhati-hati sebelum membuka link dari suatu web. Bisa jadi ketika muncul notifikasi Your connection is not private, Anda akan diarahkan ke link lain menuju situs scam.

Tidak ada salahnya mengecek dahulu nama dan domain web yang ingin dibuka sebelum telanjur kena retas.

5. Jangan menggunakan WiFi umum

Cara mengatasi Your connection is not private di browser selanjutnya yaitu dengan tidak menggunakan jaringan WiFi umum. Sebisa mungkin, usahakan menggunakan mobile data pribadi untuk mengakses internet.

Sebab, jaringan WiFi umum biasanya dijalankan lewat HTTP sehingga akses link yang akan Anda buka tidak terenkripsi dan memicu error.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com