5 Cara Cek Nomor Telepon Tidak Dikenal dengan Aplikasi

Aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri atau force close dapat dialami oleh pengguna Android. Berikut cara mengatasi aplikasi Android keluar sendiri.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Panggilan masuk dari nomor tidak dikenal kerap membuat resah. Jika tidak diangkat, khawatirnya penelepon ternyata seseorang yang penting dan kamu kenal.

Dalam situasi seperti ini, solusi terbaik adalah mencoba cara cek nomor telepon tidak dikenal dengan aplikasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat ini, ada banyak aplikasi yang menawarkan layanan untuk melacak nomor tidak dikenal. Dengan begitu, kamu tidak perlu panik dan bingung mengambil keputusan untuk mengangkat atau mengabaikannya.

Menariknya, beberapa aplikasi bahkan bisa menampilkan lokasi dari penelepon. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengecek daftar nama yang digunakan orang lain untuk menyimpan nomor tersebut.

Berikut ini cara cek nomor telepon tidak dikenal dengan aplikasi yang bisa kamu coba.

1. Hiya

Jika menginginkan aplikasi gratis dan bebas iklan, kamu bisa mempertimbangkan Hiya. Aplikasi ini dapat memblokir panggilan spam dan nomor yang tidak dikenal. Kamu tidak perlu melakukannya secara manual karena ada pengaturan otomatis dari aplikasi.

Selain memblokir panggilan dari kontak tidak terdaftar, aplikasi ini juga bisa mengidentifikasi jenis panggilan, apakah dilakukan oleh robot atau manusia. Dengan begitu, risiko kamu menjadi korban penipuan akan semakin kecil.

2. Eyecon

Cara cek nomor telepon tidak dikenal berikutnya adalah dengan aplikasi Eyecon. Secara keseluruhan, fungsi utamanya kurang lebih sama seperti aplikasi lain, yakni memblokir spam dan unknown number. Dengan begitu kamu akan terhindari dari telepon penipuan.

Menariknya, aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi seperti nama, foto, dan akun FB yang terkoneksi dengan nomor tersebut sehingga membuatmu bisa lebih mudah memutuskan untuk memblokir atau menerima panggilan yang masuk.

3. Truecaller

Aplikasi Truecaller banyak diunduh masyarakat untuk melacak nomor-nomor yang tidak terdaftar. Selain menampilkan nama pemilik nomor, kamu juga bisa mengetahui lokasi hingga nama provider yang ia gunakan.

Jika ada panggilan spam yang masuk, nomor tersebut juga akan diidentifikasi menjadi nomor pribadi, spam, teror, atau penipuan. Kamu juga akan mendapat notifikasi jika ada orang yang mengecek datamu melalui aplikasi yang sama.

Getcontact merupakan aplikasi pelacak nomor telepon yang menghubungi Anda. Getcontact juga dapat digunakan untuk memberi tag atau label kontak kepada nomor yang Anda simpan.

Nantinya, nama kontak yang Anda berikan ke sebuah nomor akan masuk ke data nama kontak di Getcontact. Pengguna juga dapat melihat tag atas nomor telepon Anda sesuai yang diberikan orang lain yang menyimpan kontak Anda.

5. Call Control

Terakhir Call Control, aplikasi yang akan mengirimkan peringatan setiap ada telepon masuk dari nomor yang terdeteksi sebagai spam call. Dengan begitu, kamu tidak perlu berpikir panjang sebelum menolak panggilan tersebut.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur CommunityIQ dengan lebih dari 12 juta pengguna untuk saling berbagi informasi mengenai nomor penipu dan spam.

Itu dia sejumlah cara cek nomor telepon tidak dikenal dengan aplikasi. Semoga bermanfaat.

(han/juh)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com