4 Situs dan Aplikasi Buat Bayar Zakat Fitrah di Malam Lebaran

Tak perlu angkut beras berkilo-kilo demi membayar zakat fitrah di tenggat pembayarannya malam ini. Kami pilihkan beberapa situs dan app zakat yang praktis.

Jakarta, CNN Indonesia

Membayar zakat fitrah kini tak perlu berkeliling kampung secara manual mencari penerima atau mustahiq zakat, apalagi di malam terakhir tenggat pembayarannya. Berikut daftar situs dan aplikasi yang bisa dimanfaatkan bayar kewajiban itu.

Pembayaran zakat fitrah sendiri punya tenggat alias deadline sampai terbenamnya Matahari 1 Syawal. Dalam lebaran versi Pemerintah dan PBNU, batas akhir itu baru akan tercapai Sabtu (22/4) besok.

Para ulama pun menyebut pembayarannya tak harus dengan makanan pokok, termasuk beras, yang dimakan sehari-hari sebanyak 2,5, kg atau 3,5 liter.

Hal itu bisa diganti dengan uang yang senilai dengannya. Beberapa badan amil zakat menetapkan batasan minimalnya Rp45 ribu hingga Rp50 ribu.

Berikut daftar aplikasi dan situs yang bisa digunakan membayar zakat fitrah:

Dompet Dhuafa

Badan ini punya riwayat panjang menampung dan menyalurkan zakat. Untuk membayar zakat via Dompet Dhuafa, Anda hanya perlu mengunjungi situs digital.dompethuafa.org.

Dompet Dhuafa juga menyediakan kalkulator zakat mal di situsnya untuk memastikan status sebagai wajib bayar zakat, termasuk zakat fitrah.

Lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Dompet Dhuafa Republika ini menetapkan zakat fitrah per orangnya Rp50 ribu.

Untuk membayarnya, cukup masuk ke situs Dompet Dhuafa, lalu daftar atau login jika sudah punya keanggotaan, untuk kemudian mengisi nominal zakat.

Situs tersebut sudah menyediakan opsi pembayaran mulai dari transfer antar-bank, dompet digital, hingga virtual account.

Rumah Zakat

Rumah Zakat, dengan situsnya rumahzakat.org, menetapkan angka zakat fitrah per orang Rp43.200.

Anda akan dipersilakan mengisi identitas diri berupa nama, nomor WhatsApp, hingga metode pembayaran. Ikut sesuai petunjuk sampai dengan tuntasnya transfer dana zakat itu.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)

Baznas merupakan badan resmi dari pemerintah Indonesia untuk mengelola zakat secara nasional dengan alamat situs donasi.baznas.go.id.

Per orangnya, Baznas menetapkan nilai zakat fitrah Rp45 ribu. Selain itu, situs ini memberi opsi untuk pembayaran secara kelompok, yakni 5, 10, 50, 100, 250, dan 1.000 paket zakat fitrah.

Nilainya berdasarkan kelipatan Rp45 ribu tadi.

Tahapan selanjutnya sama dengan situs-situs di atas, yakni mengisi identitas diri, memilih metode pembayaran, hingga menuntaskannya.

BRImo

Aplikasi milik bank pelat merah BRI ini menyediakan fitur pembayaran zakat fitrah online yang menjadi penyalur ke badan amil zakat.

Untuk menggunakannya, Anda mesti registrasi lebih dahulu sampai bisa login. Pilih fitur donasi di BRImo, lalu pilih lembaga yang diinginkan untuk menyalurkan zakat, misalnya Dompet Dhuafa atau Yayasan Baitul Mal.

Masukkan nominal zakatnya, lalu proses transaksinya. Done.

(arh)





Sumber: www.cnnindonesia.com