4 Situs Buat Tahu Profil Caleg Pemilu 2024 di Daerah Anda

Jakarta, CNN Indonesia

Setidaknya empat situs memberi informasi cukup lengkap soal latar belakang, rekam jejak, hingga visi misi para politikus yang berkompetisi di Pemilu 2024. Simak daftarnya.

Tinggal sehari, masyarakat akan menggunakan hak pilihnya pada Rabu (14/2). Masalahnya, sejauh mana Anda mengenal calon yang ada di kertas suara?

Sementara, yang tampak bertebaran cuma foto-foto calon presiden, calon wakil presiden, hingga para calon anggota legislatif (caleg) di tepi jalan nyaris tanpa makna, tanpa visi misi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketimbang hanya mengandalkan feeling usai melihat foto-foto caleg itu, ada baiknya Anda memantau sendiri informasi para calon di sejumlah situs yang memang niat memantau pemilu ini.

Bagusnya, situs-situs itu tak cuma milik lembaga pemerintah. Beberapa merupakan hasil inisiatif publik. Simak daftarnya:

1. Info Pemilu KPU

Situs infopemilu.kpu.go.id merupakan situs resmi milik penyelenggara pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Saat membuka lamannya, Anda akan disuguhi hitung mundur hari pemungutan suara dan sejumlah menu yang ditujukan baik untuk masyarakat umum maupun untuk anggota atau pengurus partai politik.

Website ini menjabarkan tahapan Pemilu lengkap berikut tanggalnya, mulai dari perencanaan program, anggaran sampai pengucapan sumpah atau janji presiden dan wakil presiden terpilih.

Keunggulan situs ini adalah kelengkapan profil capres-cawapres untuk semua pasangan, profil calon anggota legislatif semua jenjang, hingga profil calon anggota DPD.

Masalahnya, tombol yang mesti diklik untuk mengetahui profil itu kerap tak mencerminkan tujuan pencarian. Contoh, profil caleg DPR ada di bagian Tahapan Pemilu, lalu klik Pencalonan DPR RI, untuk kemudian menekan tombol Daftar Calon Tetap DPR, lalu pilih Dapil yang dituju.

Di sana, kita bisa tahu deretan para caleg dan profilnya. Masalahnya, tak semua caleg mau mencantumkan profil. Mereka ditandai dengan huruf ‘PROFIL’ berwarna merah.

Misalnya, Nurdin Halid, caleg dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Selatan II, yang merupakan mantan narapidana kasus korupsi distribusi minyak goreng di Bulog. 

Situs ini juga menyediakan informasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan cara cukup dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor paspor.

2. Bijak Memilih dan Goodkind

Situs Bijak Memilih hadir, yang mengaku sebagai gerakan independen yang dibentuk oleh organisasi Think Policy dan media independen What Is Up, memang tak menampilkan langsung profil caleg tiap partainya.

Namun, platform ini menyediakan jalur menuju profil yang lengkap di situs Goodkind. Cara menemukannya adalah dengan mengklik bagian Pemilu 101 di sisi atas situs. Anda akan diarahkan ke tahapan simulasi pemilu.

Salah satunya mengarahkan pengguna ke situs Goodkind. Tampilan situs ini bersahabat. Anda cukup mengklik bagian Pemilu di sisi atas. Tampilan kolom pencarian caleg langsung muncul.

Anda bisa memilih semua atau per jenjang tingkatan caleg. Profilnya terdiri dari Rekam Jejak berbentuk linimasa atau timeline, profil dari caleg itu sendiri, dan ‘review’ dari warga.

Terlepas dari itu, BijakMemilih punya fitur rekam jejak partai politik, yang merupakan muasal dari para caleg, yang cukup lengkap, termasuk soal kasus korupsinya. Tak ketinggalan, ada profil kandidat capres dan cawapres.

SiCaleg hingga JariUngu di halaman berikutnya…




Sumber: www.cnnindonesia.com