3 Cara Mengembalikan WhatsApp yang Di-hack Orang Lain

Sebelum down hari ini, WhatsApp memiliki riwayat down pada bulan yang sama pada tahun lalu. Selalu ada Oktober keramat?

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Sebagai salah satu aplikasi obrolan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang, tak heran WhatsApp (WA) menjadi sasaran para hacker. Hal ini membuat banyak orang mengalami akun WA mereka di-hack atau diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Ketika akun WA diretas, kamu akan dikeluarkan dari akunmu dan tidak bisa menggunakan fitur obrolan dengan orang lain. Biasanya, kejadian ini membuat banyak orang panik karena merasa akun mereka hilang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika kamu mengalami kejadian ini, tak perlu panik karena ada beragam hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun WA.

Berikut tiga cara mengembalikan WhatsApp yang di-hack yang bisa kamu ikuti.

1. Hubungi pusat bantuan WhatsApp

Melansir dari faq.whatsapp.com, cara mengembalikan WhatsApp yang di-hack dapat dilakukan dengan segera menghubungi pusat bantuan WA. Kamu bisa menghubungi pusat bantuan tersebut dengan mengirimkan email ke [email protected].

Tuliskan email tentang kondisi akun WA milikmu yang terkena retas dengan subjek “Akun WhatsApp pribadi di-hack” atau “My WhatsApp account got hacked.”

Jelaskan kronologi dan bukti bahwa kejadian tersebut benar terjadi dan lengkapi dengan nomor telepon yang kamu gunakan untuk akun WhatsApp milikmu. Awali nomor telepon dengan kode internasional, contohnya Indonesia menggunakan (+62).

WhatsApp kemudian akan memberikan jawaban apakah akunmu akan dideaktivasi atau dinonaktifkan secara sementara. Agar akun dapat kamu gunakan kembali, WhatsApp juga menganjurkan untuk melakukan login ulang pada ponselmu.

Selain menuliskan email ke [email protected] kamu juga bisa menghubungi pusat bantuan WA melalui situs https://www.whatsapp.com/contact/?subject=messenger.

2. Log-in ulang

Apabila peretas belum menggantikan nomor ponsel pada akun WhatsApp milikmu, kamu bisa mengembalikkan akun dengan melakukan login ulang.

Cara memulihkan WhatsApp yang di-hack dengan melakukan login ulang sangatlah sederhana. Kamu bisa mengikuti langkah yang satu ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan memasukkan nomor ponsel yang digunakan untuk membuat akun.
  • Masukkan kode pendaftaran untuk melakukan verifikasi nomor ponsel yang terdiri dari enam digit nomor yang didapatkan melalui SMS.
  • Setelah log in ulang dan memasukkan kode, peretas akan dikeluarkan dari akunmu secara otomatis.
  • Apabila peretas sudah memasang kode verifikasi dua arah tetapi kamu tak tahu kode tersebut, lakukan log in setelah tujuh hari. Dengan menunggu tujuh hari, kamu tak perlu memasukkan kode verifikasi dua arah untuk melakukan log in.

3. Tambahkan verifikasi dua langkah

Agar terhindar dari serangan peretas atau hacker, amankan akun WhatsApp milikmu dengan menambahkan verifikasi dua langkah. Memasang verifikasi dua langkah atau two-step verification cukup mudah, berikut adalah caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Ketuk ikon titik tiga pada pojok kanan atas layar
  • Buka dan klik opsi “Settings”, kemudian “Account”, dan lanjutkan dengan memilih “Two-Step Verification” atau “Verifikasi Dua Langkah”
  • Untuk menyalakan fitur verifikasi dua langkah, klik tombol “Turn On”
  • Masukkan PIN unik yang terdiri dari enam digit angka
  • Tulis email pribadi untuk memungkinkanmu memulihkan akun ketika lupa PIN

Demikian cara mengembalikan WhatsApp yang di-hack atau diretas. Semoga bermanfaat.

(sac/fef)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com