Harus Berhati-Hati! Begini Cara Hindari Phising Telegram

Apa sih pentingnya hindari phising Telegram? Sebenarnya apa phising Telegram itu? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Phising Telegram adalah aksi menipu pengguna dengan menggunakan sebuah pesan palsu yang kesannya terlihat seperti pesan asli dari layanan Telegram. Pesan palsu ini biasanya mencoba untuk mendapatkan informasi pribadi seperti kata sandi dan nomor kartu kredit. 

Phising Telegram sering kali menggunakan tautan yang dapat menyebabkan pengguna ke situs web palsu yang menyerupai seperti situs asli.

Macam-Macam Phising Telegram

Beberapa contoh Phising Telegram sebagai berikut:

  • Link Paling Pantas. Penipu menggunakan link yang menjanjikan pengguna untuk mempercepat proses verifikasi atau akun.
  • Pencuri Token. Penipu menggunakan token akun Telegram untuk masuk tanpa izin pengguna.
  • Mahkota Berbahaya. Mahkota berbahaya adalah sebuah aplikasi yang bisa pengguna pasang di akun Telegram yang mengizinkan penipu untuk membaca seluruh obrolan mereka.
  • Aplikasi Bot Phising. Ini adalah aplikasi bot di Telegram yang mengirim pesan phising ke luar ke pengguna.
  • Foto Phising. Ini adalah foto palsu yang dikirimkan penipu ke pengguna yang menyertakan link yang merupakan jebakan phising.
  • Grup Spam. Penipu bisa menggunakan grup spam di Telegram dengan link yang berisi jebakan phising.

Maka dari itu, kamu perlu hindari phising Telegram agar perangkat kamu aman.

Cara Hindari Phising Telegram

Ada beberapa cara untuk hindari phising Telegram. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

1. Jangan Membuka Tautan dari Pengguna yang Belum kamu Kenal

Tautan tersebut mungkin berisi malware atau isi berbahaya lainnya yang dapat merusak sistem kamu. Jika kamu harus membuka tautan, pastikan untuk menyelidiki kredibilitas pengguna yang mengirimkan tautan tersebut sebelum kamu membukanya.

Jika ada yang meminta data pribadi, kamu harus berhati-hati dan memastikan bahwa sumber tersebut terpercaya. Selain itu, pastikan kamu telah memasang program anti-malware di sistem kamu untuk melindungi diri kamu.

2. Jangan Mengklik Gambar atau Tautan yang Tidak Biasa

Jika kamu menemukan gambar atau tautan yang membingungkan atau tidak kamu kenal, hindari untuk mengkliknya. Hal ini karena tautan atau gambar yang tidak kamu kenal dapat menyebabkan kamu memperoleh virus atau malware. 

Kesalahan mengklik tautan atau gambar tidak jelas dapat menyebabkan kamu kehilangan data sensitif seperti kata sandi atau informasi pribadi. Sebagai gantinya, carilah informasi tentang gambar atau tautan yang mencurigakan. Jika kamu tidak dapat menemukan informasi yang jelas, sebaiknya menghindari mengkliknya.

3. Hati-hati saat Mengaktifkan Fitur Auto-Login

Karena ini bisa digunakan oleh peretas untuk mencuri informasi akun kamu. Fitur auto-login memberi akses mudah ke akun kamu tanpa memerlukan password, sehingga orang yang tidak sah dapat masuk ke sistem kamu. 

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kamu memiliki firewall dan perangkat lunak anti-malware yang terupdate untuk melindungi akun kamu.

Perangkat lunak anti-malware akan memindai sistem kamu untuk menangkal malware, spyware, dan virus yang bisa mencuri informasi akun kamu. kamu juga harus membuat password yang kuat untuk menghindari peretas dari menembus jaringan kamu. Penting untuk memastikan bahwa kamu juga menonaktifkan fitur auto-login begitu kamu selesai menggunakannya.

4. Jangan Mengungkapkan Informasi Pribadi Apa Pun Kepada Pengguna yang Belum Dikenal dan Gunakan aplikasi resmi Telegram

Ini termasuk nama lengkap kamu, alamat, nomor telepon, informasi keuangan, dan kata sandi. kamu juga sebaiknya menggunakan Telegram yang resmi bukan yang vesi MOD atau apapun yang kurang aman.

5. Periksa URL Sebelum kamu Klik

Jika URL tidak diawali dengan “https”, jangan klik. Seharusnya kamu juga tidak memasukkan data pribadi ke dalam URL. Jika URL meminta informasi sensitif, kamu harus menghubungi pejabat atau organisasi yang terkait sebelum melakukan pengiriman informasi. Jika informasi sensitif diminta tanpa halaman keamanan, sebaiknya kamu juga waspada dan berhati-hati.

Itulah macam-macam phising Telegram dan cara hindari phising Telegram dari turbo188. Mulai saat ini berhati-hati ya!