Cara Membuat File ZIP di Android Terbaru 2023

game android

Sebagai pengguna hp Android sebagaimana yang biasa dilakukan di perangkat PC, kita tidak lupa dengan yang namanya file ZIP dimana fungsinya untuk mengkompres dan memproteksi  file dari serangan virus. Disini dari turbo188 ingin berbagi info terkait cara membuat file ZIP di Android anda.

Cara Membuat File ZIP di Android

Begitu banyak aplikasi yang berfungsi untuk mengkompres file-file yang ada di Android. Di sini kami akan memilihkan aplikasi ZIP terbaik untuk anda. Yang tidak hanya mampu meng kompres dengan baik akan tetapi dari segi kepopuleran aplikasi di Play Store.

Perangkat hp sebenarnya adalah versi portable dari komputer dan laptop itu sendiri, sehingga apa yang bisa di lakukan di laptop dan di PC pada akhirnya nanti juga bisa dilakukan juga oleh hp Android. Berikut langkah-langkah cara membuat file ZIP di Android dengan aplikasi :

  1. Memahami Fungsi Archive File

Sebagaimana seperti kata arsip adalah sebuah file tunggal yang berisi beberapa file dan/folder. Peng archive an dapat dilakukan oleh aplikasi-aplikasi utility yang tersedia.

  1. Download aplikasi ZArchiver di Play Store

Sebagaimana di PC aplikasi ZIP juga tersedia di Play Store dan sudah banyak produsen aplikasi yang membuatnya dengan berbagai fitur di dalamnya. Silahkan anda cari di Play Store dengan keyword ZArchiver. Aplikasi File ZIP populer Android yang sudah di unduh 100 juta kali.

  1.  Jalankan Aplikasi ZArchiver

Setelah di download silahkan anda jalankan aplikasinya di bagian app drawer hp Android anda. Pastikan anda letakkan di home screen supaya mudah untuk mengoperasikan lagi jika dibutuhkan. Tampilan awal akan seperti file explorer pada umumnya.

  1. Kompres File

Pada bagian atas silahkan pilih Memori Perangkat atau Kartu SD. Selanjutnya silahkan anda mencari file-file yang ingin anda jadikan file ZIP, klik dan tahan untuk memilih banyak file kemudian pilih Kompress. Selanjutnya beri nama file ZIP dengan berekstensikan .7z.

  1. Set Password

Sebelum klik Ok anda diberi opsi untuk bisa memberi password pada file yang akan anda buat. Selain untuk keamanan dari virus, filenya sendiri juga bisa kita proteksi dengan cara memasang password. Silahkan isikan password yang unik pada file ZIP anda > klik Ok.

  1. Membuka File ZIP

Sekarang saatnya untuk mengecek apakah file-file yang ter archive tadi sudah berada di dalam file ZIP. Silahkan anda buka file yang berekstensi .7z dengan nama yang sudah di buat tadi. Klik file > pilih lihat. Jika file-file tersebut ada maka anda sudah berhasil membuat file archive ZIP.

Penutup

Banyak tips untuk memproteksi perangkat kita dari serangan virus yang merusak sistem, termasuk memasang antivirus. Dengan memahami pula cara membuat file ZIP di Android. Bisa dipastikan file-file Android kita kebal terhadap virus.